Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Pembelajaran

  • Marniati Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Jahring Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: creative problem solving, media pembelajaran, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran creative problem solving (CPS) berbantuan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Baula. Menggunakan cluster random sampling diperoleh 2 kelas sampel  sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran CPS berbantuan media pembelajaran dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian berupa posttest yang diberikan setelah diberikan treatment atau perlakuan berupa penerapan model pembelajaran CPS dan pembelajaran konvensional. Secara deskriptif menunjukkan bahwa dari 20 orang siswa pada kelas eksperimen dengan mean 66,5, varians 84,26, dan standar deviasi 9,18, sedangkan pada kelas kontrol yang berjumlah 20 orang dengan mean 60, 95, varians 111,63, dan standar deviasi 10,66. Ditinjau dari proses dan keterlaksanaan pembelajaran, kedua kelas menunjukkan kriteria aktif dengan persentase sebesar 75% - 85%. Secara inferensial dengan menggunakan uji-t, thitung = 1,773 > ttabel = 1,685 yang mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika dengan model pembelajaran CPS dan pembelajaran konvensional. Sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS berbantuan media pembelajaran efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Baula.

References

Effendi, A., & Fatimah, A. T. 2019. Implementasi Model Pembelajaran CreativeProblem Solving untuk Siswa Kelas Awal Sekolah Menengah Kejuruan. TEOREMA: Teori dan Riset Matematika, Vol. 4, No. 2, hal. 89-98.

Hanafia, N., Suhana, C., & Idi, A. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Jahring, & Chairuddin. 2019. Preferensi Modalitas Belajar Mahasiswa Angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sembilanbelas November Kolaka. SQUARE: Journal of Mathematics and Mathematics Education, Vol. 1, No. 1, hal. 27-32. doi:10.21580/square.2019.1.1.4039

Prihatin, E., & Ridaswati. 2008. Guru Sebagai Fasilitator. Bandung: Karsa Mandiri Persada.

Russefendi. 2001. Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Sospolita, N., Aisyah, S., & Widada, W. 2019. Penerapan Model Creative Problem Solving dengan Teknik Probing pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol. 4, No. 2, hal. 194-201. doi:10.33449/jpmr.v4i2.9818

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. 2019. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, Vol. 5, No. 01, hal. 01-13. doi:10.29407/jmen.v5i01.12332

Yuliani, I., Kanzunnudin, M., & Rahayu, R. 2018. Penerapan Model Creative Problem Solving Berbantuan Media Bongkar Pasang untuk Peningkatan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Sekolah Dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1, hal. 29-36. doi:10.24176/anargya.v1i1.2283
Published
2020-02-08
How to Cite
Marniati, & Jahring. (2020). Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Pembelajaran. SAINTIFIK, 6(1), 57-62. https://doi.org/10.31605/saintifik.v6i1.247