Pengembangan Bahan Ajar Matematika Rekayasa Berbasis Pendidikan Islam

  • Milawaty Waris Universitas Sulawesi Barat
  • Muh.Tamrin Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Ghazali Bone
Keywords: Bahan ajar, Pendidikan islam, Respon mahasiswa

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan dan melaksanakan proses penilaian terhadap kualitas bahan ajar mata kuliah matematika rekayasa berbasis Islam pada Program Studi Teknik Sipil Universitas Sulawesi Barat. Tujuan penelitian ini untuk memfasilitasi pencapaian penalaran mahasiswa. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode Research & Development (R&D) yang mengacu pada model 4-D (Four D Models) yaitu Define, Design, Develop and Disseminate. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi teknik sipil angkatan 2017 sebanyak 30 mahasiswa. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilakukan, diperoleh hasil validasi bahan ajar termasuk kategori valid.. Berdasarkan hasil pengamatan, keterlaksanaan bahan ajar yang dikembangkan menunjukkan bahwa rata-rata semua komponen pengamatan keterlaksanaannya termasuk kategori terlaksana seluruhnya (praktis). Empat kriteria yang menjadi acuan yaitu hasil belajar mahasiswa tercapai, efektif, ideal, dan memenuhi kriteria batas toleransi pencapaian waktu ideal yang digunakan. hasil rata-rata kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran berada pada kriteria tinggi dan hasil respon dari mahasiswa dikategorikan positif. Disimpulkan bahwa pada tahap uji coba terbatas dilaksanakan, bahan ajar matematika rekayasa berbasis Islam telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

References

Abdusysyakir. 2006. Ada Matematika dalam Al-Qur’an. Malang: UIN Malang Press

Callie. (2014). Nilai-nilai Keislaman. Jakarta: Ufuk Press.

Kohar, Ahmad Wachidul. (2012).Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. (Online), http://Bangqohar.wordpress.comIntegrasi-Nilai-Islam-dalam-Pembelajaran-Matematika, diakses tanggal 1 November 2014.

Nurhidayati, S. (2017) “Pengembangan bahan ajar matematika berbasis Masalah untuk memfasilitasi pencapaian kemampuan penalaran pada pokok bahasan perbandingan kelas VII MTSn Model”.Mapan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran Volume 5, No 2, Desember 2017 UIN Alauddin Makassar (236-250)

Permenristekdikti (2015). Standar peraturan menteri riset dan teknologi pasal 10

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kualitatif kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2020-01-27
How to Cite
WarisM., & Muh.Tamrin. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Rekayasa Berbasis Pendidikan Islam. SAINTIFIK, 5(2), 140-144. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i2.234