Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD 027 Rattematama dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Bahasa Mandar

  • Ajmain Ajmain Universitas Sulawesi Barat
  • Ansar Ansar Universitas Sulawesi Barat
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Sulawesi Barat
  • Siti Inaya Masrura Universitas Sulawesi Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang karakter kesulitan belajar matematika berbasis bahasa Mandar pada siswa kelas V di SD 027 Rattematama Polewali Mandar. Jenis Penelitian Ini adalah penelitian Kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang mengalami kesulitan belajar matematika, guru kelas V, guru kelas IV, guru kelas III, dan guru Kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Data dianalisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik kesulitan belajar matematika siswa Kelas V SD 024 Rattematama yang mengalami kesulitan belajar matematika berbasis bahasa mandar yaitu kesulitan dalam keterampilan Berhitung, kesulitan dalam memahami konsep, kesulitan dalam memahami soal cerita.
Kata kunci: Kesulitan-belajar, bahasa-mandar, triangulasi
Published
2019-02-04
How to Cite
AjmainA., AnsarA., NurhayatiN., & MasruraS. I. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD 027 Rattematama dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Bahasa Mandar. Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 5(1), 70-74. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i1.201