Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa

  • Marniat Marniati Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Tahir Tahir tahir.anwar.ta89@gmail.com

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswaantara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkontrol. Hasil penelitian diuji menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Selain itu juga digunakan analisis statistik deskriptif untuk melihat perubahan sebelum dan sesudah perlakuan. Dari hasil penelitian menggunakan uji hipotesis dan analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa sehingga terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara kelompok siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quick on the draw dan kelompok siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Kooperatif , Quick on the draw
Published
2019-02-04
How to Cite
MarniatiM., & TahirT. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quick On The Draw terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa. Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 5(1), 44-52. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i1.197