Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penggunaan Media Interaktif Berbasis ICT (Information And Communication Technology) Siswa Kelas XI IPA3 Di SMA Negeri 1 Wonomulyo

Syamsiara Nur

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan
media interaktif berbasis ICT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1
Wonomulyo semester genap tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas, terdiri atas 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Data diperoleh dengan
menggunakan 3 instrumen, yaitu lembar observasi untuk aktivitas, angket untuk sikap, dan tes
evaluasi untuk hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Hasil
penelitian menunjukkan dari siklus I ke siklus II, yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa
meningkat dari 68,81 menjadi 74,93, sedangkan peningkatan persentase siswa yang tuntas dari
70,37% menjadi 96,30%. Selain nilai hasil belajar siswa yang meningkat, aktivitas dan sikap
siswa juga meningkat. Peningkatan aktivitas tersebut meliputi, (1) mengamati media interaktif
berbasis ICT, (2) menyimak penjelasan guru, (3) mencatat penjelasan guru, (4) mengerjakan soal
berbasis flash, (5) aktif menjawab pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa
penggunaan media interaktif berbasis ICT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa,
serta dari perhitungan regresi dan korelasi diketahui terdapat hubungan positif antara aktifitas
dan sikap terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci: Media interaktif, aktivitas dan hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.